Education Corner

Informasi Beasiswa di Wilayah New England, Amerika Serikat

Halo! Melalui halaman ini, ICONE ingin berbagi informasi menarik yang kiranya dapat membantu dan memotivasi mereka yang berkeinginan belajar ke Amerika Serikat untuk mendapatkan beasiswa dan/atau bantuan keuangan lainnya di beberapa kampus besar di Amerika, khususnya di wilayah New England (Massachusetts, Maine, Vermont, New Hampshire, Connecticut, dan Rhode Island). Informasi beasiswa ini tidak hanya untuk para mahasiswa studi jenjang atas (Magister atau Doktoral), tetapi juga untuk mahasiswa jenjang S1 (undergraduates) dan para profesional lainnya seperti guru, peneliti (researcher), pegiat seni dan kebudayaan, dan lain sebagainya. Tertarik? Silahkan simak informasi berikut:

Beasiswa Dari Pemerintah Indonesia

Pemerintah Indonesia melalui beberapa kementerian telah menganggarkan pembiayaan pendidikan lanjut bagi Warga Negara Indonesia (WNI), baik di Perguruan Tinggi di dalam negeri dan di luar negeri. Beberapa beasiswa khusus ke luar negeri, baik program degree maupun non-degree, antara lain:

  1. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Ada banyak jenis beasiswa yang disediakan oleh LPDP, khususnya untuk Program Magister dan Doktoral. Di antaranya, yang paling populer untuk umum adalah Beasiswa Reguler. Tersedia pula Beasiswa Afirmasi, yaitu beasiswa khusus bagi WNI yang berprestasi/penyandang disabilitas/santri/alumni bidikmisi/berprofesi sebagai abdi negara (PNS/TNI/POLRI). Untuk para Dosen Tetap Perguruan Tinggi di Indonesia, tersedia Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI). Selain itu, juga tersedia Beasiswa Dokter Spesialis, Beasiswa Indonesia Timur, Beasiswa Disertasi dan Program Co-Funding untuk menunjang Beasiswa Afirmasi dan Beasiswa Reguler.

  1. Beasiswa Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), atau lebih dikenal dengan Financial Education and Training Agency (FETA) Scholarship, Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Beasiswa FETA khusus diberikan untuk seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. Tersedia beasiswa program magister luar negeri (regular program) dan beasiswa program magister pertautan (linkage program) yang diberikan dengan ketentuan berdasarkan peringkat (score) tes Internet-Based TOEFL (iBT) dan/atau International English Language Testing System (IELTS) pada saat diklat persiapan (predeparture training).

  1. Beasiswa Unggulan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Beasiswa ini khusus diberikan kepada PNS (non-guru) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan pendidikan Magister atau Doktoral di dalam atau di luar negeri melalui mekanisme tugas belajar. Bagi guru, silakan mendaftar Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

  1. Beasiswa Fulbright Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Beasiswa ini khusus diberikan kepada Dosen Tetap pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan syarat harus memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Penyelenggaraan beasiswa ini bekerja sama dengan Fulbright AMINEF, yaitu Fulbright Grants for Indonesian Lecturers (RISTEK-DIKTI) pada program Fulbright Grants for Indonesian Lecturers – PhD.

  1. Duta Bahasa Negara Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan-Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (PPSDK BIPA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Duta Bahasa Negara adalah tenaga pengajar BIPA yang ditugasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) untuk melaksanakan kegiatan diplomasi kebahasaan, antara lain, pengajaran Bahasa Indonesia, pengkajian kebahasaan, dan pengembangan program BIPA di luar negeri. Khusus negara tujuan Amerika Serikat, mulai tahun 2018 penyelenggaraan program ini dilaksanakan melalui program Foreign Language Teaching Assistant (FLTA) Fulbright AMINEF.

  1. Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Seni Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Melalui Program SAME BIPA & Seni, Kemenristekdikti mengirimkan dosen ke berbagai Perguruan Tinggi di luar negeri dengan tugas khusus untuk menjalankan misi kebangsaan sebagai pengajar bahasa, seni, atau budaya Indonesia atas permintaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di luar negeri. Khusus negara tujuan Amerika Serikat, mulai tahun 2018 penyelenggaraan program ini dilaksanakan melalui program Foreign Language Teaching Assistant (FLTA) Fulbright AMINEF. Untuk panduan SAME BIPA & Seni Tahun 2018 dapat diunduh dengan mengklik tulisan ini.

  1. Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) AMINEF Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Melalui Program SAME, Kemenristekdikti mengirimkan dosen ke Perguruan Tinggi/institusi penelitian di luar negeri dan mendatangkan dosen/peneliti ke Perguruan Tinggi dalam negeri. Adapun dosen yang dimaksud harus memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Negara tujuan program SAME biasanya tergantung pada penawaran Kemenristekdikti dan negara mitra. Khusus negara tujuan Amerika Serikat, mulai tahun 2018 program ini diselenggarakan dilaksanakan melalui program Fulbright Grants for Indonesian Lectures (RISTEK-DIKTI) - Visiting Scholar Program. Untuk panduan SAME AMINEF Tahun 2018 dengan mengklik tulisan ini.

 

--------------------------

Beasiswa Dari Pemerintah Amerika Serikat dan Badan Organisasi Dunia

Pemerintah Amerika Serikat memberikan banyak beasiswa bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikannya di negara Paman Sam ini. Di antaranya, teman-teman bisa mendapatkan informasi beasiswa melalui U.S. Department of Labor Scholarship Search dan U.S. Department of State’s EducationUSA: Finance Your Studies. Selain itu, beasiswa juga banyak disediakan oleh badan organisasi dunia seperti beberapa organisasi berikut:

  1. Fulbright AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation)

Ada banyak jenis beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Amerika Serikat, melalui AMINEF, kepada Warga Negara Indonesia (WNI), antara lain:

  1. American-Indonesian Educational and Cultural Foundation (AICEF)

AICEF memberikan Scholarship Grants for PhD Research and Travel Expenses sebesar maksimum USD3,000 khusus kepada para mahasiswa Indonesia yang sedang menyelesaikan program Doktoral di universitas dan college terakreditasi di Amerika Serikat untuk melakukan penelitian di Indonesia. Selain itu tersedia pula Cultural Grants berupa tax exempt untuk pegiat kebudayaan Indonesia yang melakukan pertunjukan kebudayaan di Amerika Serikat.

  1. Education for Sustainable Energy Development (ESED) Scholarship

Beasiswa ESED yang diberikan oleh the Global Sustainable Electricity Partnership ini berupa beasiswa program Magister untuk mendukung mahasiswa berprestasi yang ingin menekuni bidang energi terbaharukan (sustainable energy development).

  1. American Institute for Indonesian Studies (AIFIS)/ Henry Luce Foundation Grants for Indonesian Scholars

Beasiswa AIFIS diberikan oleh The Henry Luce Foundation, khusus untuk mahasiswa Doktoral dan peneliti Post-Doktoral berkewarganegaraan Indonesia. Dana riset sebesar USD7,000 per orang, diberikan untuk membantu biaya perjalanan ke Amerika Serikat, biaya akomodasi, dan biaya lainnya saat melakukan kewajiban kolaborasi riset dengan peneliti berkewarganegaraan Amerika Serikat di institusi pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Riset diutamakan pada bidang Contemporary and Traditional Indonesian Studies, dengan prioritas utama ilmu pengetahuan dan teknologi, pertanian, sejarah, seni, dan lain sebagainya.

  1. The United States-Indonesian Society (USINDO)

USINDO, melalui Edward E. Masters Fellowship Program, memberikan beasiswa khusus untuk pegawai terpilih di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di universitas ternama di Amerika Serikat.

  1.   The U.S. Agency for International Development (USAID)-Indonesia Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impacts (PRESTASI)

USAID’s PRESTASI memberikan beasiswa degree maupun non-degree training kepada WNI di universitas di negara Amerika Serikat. Adapun beasiswa degree yang diberikan hanya untuk program Magister di bidang tertentu, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, pertumbuhan ekonomi, serta demokrasi dan pemerintahan.

 

--------------------------

Beasiswa Internal Dari Universitas di Amerika Serikat

Selain mengandalkan beasiswa pemerintah, baik Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Amerika Serikat, teman-teman juga bisa mengajukan beasiswa pada universitas yang dituju. Ada banyak jenis bantuan keuangan yang disediakan oleh tiap-tiap universitas di Amerika Serikat, seperti scholarships/fellowships/grants/awards atau bisa juga melalui student employment dan internship.

Untuk wilayah New England, beberapa universitas besar yang menyediakan beasiswa internal di antaranya seperti yang tercantum dibawah ini.

 

UNIVERSITAS DI MASSACHUSETTS

1. Harvard University - menawarkan banyak jenis beasiswa bagi mahasiswa internasional, baik program undergraduate maupun program graduate dan profesional. Untuk program graduate dan profesional, Harvard University Committee on General Scholarships menawarkan jenis beasiswa dalam bentuk scholarships/students exchange/fellowships/traveling fellowships/program fellowships lainnya. Selain itu, beasiswa juga bisa didapat dalam bentuk assistantships/research fund/ student employment yang diberikan oleh tiap-tiap program studi di Universitas Harvard.

Dok: Indonesians at Harvard.

2. Boston College - Walaupun tidak menyediakan beasiswa dan/atau bentuk keuangan lainnya bagi mahasiswa internasional program undergraduate, namun mahasiswa program graduate bisa mendapatkan bantuan keuangan dalam bentuk tuition remission (tuition scholarships), merit-based scholarships, fellowships, dan teaching atau research assistanships, tergantung pada tiap-tiap program studi.

3. Massachusetts Insitute of Technology (MIT)- mahasiswa internasional program undergraduate dapat melamar beasiswa intitusional dengan cara mengisi CSS Profile. Untuk mahasiswa program graduate dan profesional, beasiswa yang diberikan tergantung pada tiap-tiap program studi di MIT. Pilihan yang disediakan biasanya dalam bentuk Research Assistantships (RA), instructor and Teaching Assistantships (TA), fellowships, traineeships, scholarships, grants, dan/atau student employment misalnya menjadi guru privat bagi mahasiswa undergraduate.

Dok: Novalia Pishesha/Valentino Sudaryo

4. Berklee College of Music - menyediakan bantuan keuangan kepada mahasiswa internasional program undergraduate dan program graduate dalam bentuk student employment, internships melalui Berklee Fellowships, dan Post-Master's Degree Fellowships.

5. Boston University - mahasiswa internasional program undergraduate dapat melamar untuk mendapatkan  Trustee Scholarship dan Presidential Scholarship. Untuk mahasiswa program graduate dan profesional, tersedia banyak jenis beasiswa tergantung pada tiap-tiap program studi di Universitas Boston.

6. Tufts University - mahasiswa internasional program undergraduate dapat melamar untuk beasiswa intitusional dengan cara mengisi CSS Profile. Bagi mahasiswa program graduate dan profesional, tersedia banyak jenis beasiswa tergantung pada tiap-tiap program studi di Universitas Tufts.

7. Northeastern University - menawarkan banyak bantuan keuangan kepada mahasiswa internasional program undergraduate dan program graduate dan profesional, baik dalam bentuk grants/scholarships/assistantships/work awards. Tersedia pula Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) kerjasama Northeastern University College of Engineering dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

8. MGH Institute of Health Professions - untuk mendapatkan beasiswa pemerintah Amerika Serikat, mahasiswa internasional program undergraduate disarankan untuk mengeceknya di laman Federal Student Aid yang disediakan oleh the U.S. Department of Education. Untuk mahasiswa internasional program graduate tersedia banyak jenis graduate assistanships.

9. University of Massachusetts (Umass) Boston - menyediakan bantuan keuangan kepada mahasiswa internasional program undergraduate dan program graduate dalam bentuk student employment, graduate assistanships dan fellowships.

10. University of Massachusetts (Umass) Amherst - menyediakan bantuan keuangan kepada mahasiswa internasional program undergraduate dan program graduate dalam bentuk student employment dan graduate assistanships tergantung pada tiap-tiap program studi di UMass Amherst.

11. University of Massachusetts (Umass) Lowell - menyediakan bantuan keuangan kepada mahasiswa internasional program undergraduate dan program graduate dalam bentuk merit-based scholarships, ”endowed” scholarships, student employment, teaching/research/graduate student assistanships, dan fellowships tergantung pada tiap-tiap program studi di UMass Lowell.

 

UNIVERSITAS DI CONNECTICUT

1. Yale University - mahasiswa internasional program undergraduate hanya dapat melamar beasiswa intitusional dengan cara mengisi CSS Profile. Untuk mahasiswa program graduate dan profesional, tersedia banyak jenis beasiswa tergantung pada tiap-tiap program studi di Universitas Yale.

 

UNIVERSITAS DI NEW HAMPSHIRE

1. Dartmouth College - menyediakan grants and scholarships (termasuk biaya perjalanan ke Dartmouth College) dan work-study and student employment untuk semua mahasiswa internasional (undergraduate dan graduate). Untuk melamar beasiswa institusional (Dartmouth Scholarships dan Dartmouth Endowed Scholarships), mahasiswa internasional program undergraduate harus mengisi CSS Profile dan menyertakan dokumen income/tax orang tua. Untuk mahasiswa program graduate dan post-graduate, grants/scholarships/fellowships/internships institusional diberikan tergantung pada tiap-tiap program studi di Dartmouth College.

 

UNIVERSITAS DI MAINE

1. Bowdoin College - mahasiswa internasional program undergraduate dapat melamar beasiswa intitusional (Bowdoin Grant) dengan mengisi CSS Profile atau International Student Financial Aid Formulir (ISFAA). Selain itu, juga tersedia student employment, student fellowships and research, after Bowdoin graduate scholarships dan after Bowdoin medical scholarships bagi mahasiswa yang melanjutkan ke program graduate/post-graduate, baik di negara Amerika Serikat maupun negara lainnya.

2. Bates College - mahasiswa internasional program undergraduate dapat melamar beasiswa intitusional (Bates Grant) dengan mengisi International Student Financial Aid Formulir (ISFAA). Selain itu, juga tersedia student employment, student research grants and fellowships (academic year dan summer), internships, dan graduate fellowships. Bagi mahasiswa internasional yang ingin mengikuti program study abroad (off-campus) tersedia biaya perjalanan (round-trip) dari Boston ke tempat/universitas tujuan.

 

UNIVERSITAS DI VERMONT

1. Middlebury College - mahasiswa internasional program undergraduate dapat melamar institutional grants/scholarships dengan mengisi CSS Profile. Selain itu, juga tersedia MiddSTART International Scholarship, Rohatyn Center research grants and internships, dan student employment.

2. University of Vermont - menyediakan merit scholarships (Presidential Scholarship, Trustees Scholarship, Grossman School of Business Scholarship, CEMS Scholars Program, dan the College of Arts and Sciences Liberal Arts Scholarship) dan beasiswa lainnya untuk mahasiswa internasional program Untuk mahasiswa program graduate, tersedia banyak pilihan fellowships, assistantships, traineeships, stipends, grants, dan student awards. Khusus mahasiswa internasional (undergraduate dan graduate) yang masuk ke Universitas Vermont melalui Global Gateway Program tersedia pula Partial Scholarship, Continued Partial Scholarship, dan Scholarship for Direct Entry.

 

Cukup banyak juga ya ternyata jenis beasiswa dan/atau bantuan keuangan yang bisa membantu kita mewujudkan niat kuliah di wilayah New England, Amerika Serikat? Satu hal yang perlu diketahui: Anda TIDAK HARUS MEMBAYAR untuk mendapatkan beasiswa. Apabila Anda diminta untuk membayar, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah PENIPUAN. Tips bagi teman-teman agar terhindar dari penipuan (scams/frauds) saat melamar beasiswa dari luar kampus (outside scholarships) dapat dilihat pada laman the U.S. Department of Education atau Dartmouth College ini.

Selanjutnya, ICONE ingin mengajak Anda semua untuk berkenalan dengan sebagian dari para penerima beasiswa (awardees) yang sedang kuliah/dinas di berbagai universitas di wilayah New England, Amerika Serikat. Selamat berkenalan dan sukses mengejar segala cita-cita Anda. Sampai berjumpa di New England, Amerika Serikat nanti.

  > Baca juga: "Apa Kata Penerima Beasiswa di New England, Amerika Serikat? Ayo Simak Ceritanya Disini"

 


Researched & compiled by: Dania Setyaning / Edited by: Olla Chas.

Updated in March 2019.

Baca juga:

"Apa Kata Penerima Beasiswa di New England, Amerika Serikat? Ayo Simak Ceritanya Disini"


Coming soon:

  • Indonesian scholarships information for foreign students.
  • 2020 Scholarship Calendar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *